Pada awalnya tol cipali ini akan
dinamakan tol Cikapali (cikampek Palimanan),
tol yang menghubungkan tol cikampek sampai palimanan membentang 116
Kilometer melewati bebrapa kabupaten, seperti subang, indramayu, Majalengka Cirebon,
Tol Ini sangat membantu memecahkan
masalah jalur pantura yang sering
crowded apalagi musim mudik seperti lebaran kali ini, tol cipali menjadi jalur Utama
mengalahkan jalur pantura yang melegenda karena macet dan biaya perbaikan setiap tahun yang
mencapai ratusan milyar bahkan sampai trilyunan, tol cipali sendiri bukan milik
BUMN tapi murni milik swasta, diolah oleh swasta ,
Keberadaan tol cipali akan
memperlancar transportasi antara Cirebon, subang, purwakarta sampai Jakarta dan menjadikan kawasan yang dilintasi tol cipali menjadi kawasan
menarik bagi pengusaha untuk membangun baik berupa manufaktur maupun niaga, maka
tidak aneh bila harga tanah subang , majalengka, Cirebon naik drastis
Balik lagi ke awal judul, kenapa
awalnya tol cikapali driubah jadi tol cipali?
Ada usaha yang kuat dari bupati
purwakarta bapak dedi yang mengatakan bahwa tol yang membentang dari cikopo
sampai palimanan jangan dinamakan cikapali (cikampek palimanan) , karena cikopo
adalah cikopo bagian dari purwakarta bukan dari bagian cikampek, lalu bagaimana
dengan tol Cikarang cikampek? Bukankah sama sama keluar di cikopo?
Ini dia masalahnya, karena waktu
itu sk menteri perhubungan sudah jadi
dengan dinamakan tol cikampek, jadilah susah merubahnya, sehingga sekarang
disebut tol cikampek, meskipun ujungnya ada di cikopo,
Usaha Bupati dedi berhasil
menjadikan brand cikopo menjadi terkenal dari mulai diresmikan sampai tahun
tahun selanjutnya.
Bagi sebagian orang tidak masalah
mungkin tol cipali atau cikapali, tapi bagi brand sebuah wilayah itu sangat
penting dan berpengaruh untuk mengangkat nama daerah dengan adanya tol
tersebut,
Selamat atas usaha bapak Bupati
Purwakarta memperjuangkan nama Tol Cikapali menjadi tol Cipali
EmoticonEmoticon